Wednesday, June 9, 2010

Tidak Mau Kasus Video Ariel dan Luna Maya Menimpa Anda? GEMBOX saja.



Akhir-akhir ini 3 orang selebritis menjadi perbincangan yang hangat sehubungan dengan video mereka yang sangat-sangat pribadi jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab lalu byar..menyebar ke mana-mana ke seluruh penjuru dunia dengan hitungan detik.

Inilah dua sisi teknologi, bisa membantu meringankan pekerjaan kita di satu sisi dan sisi lainnya bisa juga memojokkan kita seperti contoh kasus di atas.

Saya tidak ingin menyorot masalah baik atau jeleknya prilaku yang ada di video itu karena saya kira sudah jelas. Saya juga tidak tahu apakah adengan itu diperankan oleh Ariel sungguhan dan Luna Maya sungguhan, karena saya sendiri tidak melihat dan tidak berniat melihat video tsb.

Yang saya ingin soroti adalah segitu mudahnya data pribadi seseorang jatuh ke tangan orang lain. Ada beberapa kemungkinan file video Ariel dan Luna Maya ini jatuh ke tangan orang lain. Kemungkinan pertama kalau file video itu berada di HPnya salah seorang pemeran (Ariel atau Luna Maya) bisa jadi koneksi Bluetooth-nya on sehingga ada orang yang iseng mengakses HPnya mereka lewat Bluetooth ini secara diam-diam.

Kemungkinan kedua adalah kalau file itu sudah disimpan di laptop atau komputernya salah seorang pemeran, ada orang yang diam-diam membuka komputer atau laptopnya mereka karena kecerobohan pemilik komputernya, kemudian dengan menggunakan flashdisk mengambil sebagian atau keseluruhan file video koleksinya.

Kemungkinan ketiga adalah bila video itu ternyata diambil dari kamera tersembunyi yang ada di kamar hotel (bila maennya di hotel) atau di kamar pemeran yang disimpan diam-diam oleh seseorang. Karena sekarang banyak dijual di pasaran kamera dengan ukuran sangat mini atau berbentuk benda-benda hiasan untuk menyamarkan seperti berbentuk vas bunga, lampu hias, korek api atau pulpen.

Kemungkinan keempat adalah bisa jadi mereka berdua mengotrak seorang kameraman untuk mengabadikan adegannya, terus si kameramannya berkhianat dengan membocorkan filmnya. Emangnya ada kameraman khusus buat mengabadikan adengan ranjang? Di luar negeri ada lho, dan siapa tahu di tanah air juga sudah ada. Tapi saya tidak ingin percaya dengan kemungkinan keempat ini, karena kalau percaya berarti saya harus menerima kenyataan bahwa ternyata dekadensi moral bangsa kita sudah di bawah titik nadir.

Nah, bagaimana dengan kita. Apakah kita juga bisa menjadi bulan-bulanan internet seperti mereka? Bisa jadi. Bukan berarti kita terseret dengan kasus persis seperti Video Ariel dan Luna Maya di atas. Bisa jadi data penting kita dicuri orang kemudian disebarkan lewat internet untuk menjatuhkan kita. Bisa jadi tulisan kita yang belum dipublish tiba tiba tampil di halamana sebuah penerbitan dengan nama orang lain. Bisa jadi temuan kita yang bertahun-tahun kita kerjakan yang belum di-launching tiba-tiba diseruduk orang dan diklaim orang sebagai temuannya.

Ada sebuah alat yang bisa membantu mengamankan data dari laptop atau komputer kita, namanya GEMBOX. GEMBOX ini ibaratnya kunci gembok lemari kita. Data yang ada di komputer kita akan bisa diakses bila kunci ini dicolokkan ke usb port komputer kita. Bila GEMBOX ini dicabut secara otomatis data kita akan tersembunyi dengan aman karena di-enkripsi secara otomatis. GEMBOX ini bentuknya persis seperti Flashdisk, tapi tidak berfungsi sebagai penyimpan data. MEngenai GEMBOX ini bisa dilihat di websiate di http://pengamandata.ds71.com/. Produk unik ini tidak akan lama lagi akan di-lanching.

Dengan menggunakan GEMBOX ini siapa tahu bisa mengamankan file data yang anda punyai sehingga peristiwa menyebarnya video Ariel dan Luna Maya tidak terulang kembali.

No comments: