Tuesday, February 15, 2011

Ada Delapan Nilai Penting dari Sebuah Bisnis Jaringan


Mengambil kata-kata Robert Kiyosaki dalam bukunya "The Business School: for People Who Like Helping People" ia menyatakan bahwa ada delapan nilai tersembunyi dalam pemasaran jaringan yang bukan hanya sekedar uang. Kedelapan nilai itu adalah:

1. Pendidikan Bisnis yang Mengubah Hidup

Alasan pertama mengapa ia mengajurkan pemasaran jaringan sebagai sebuah bisnis adalah karena sistem pendidikannya.

Penting bagi kita untuk melihat lebih dari sekedar produk ataupun compensation plan (rencana kompensasinya) dan melihat jantung perusahaannya. Apakah perusahaan tersebut memiliki minat untuk mendidik Anda? Anda perlu mempelajari perusahaan tersebut juga produk-produknya. Pendidikan macam apakah yang disediakan perusahaan?

2. Nilai dari Perpindahan Kuadran Bukan Hanya Perpindahan Pekerjaan
Dalam bukunya CASHFLOW Quadrant, perbedaan antara empat kuadran dijelaskan panjang lebar. E=employee (karyawan), S= Self-employed or small business owner (bekerja untuk diri sendiri atau pemilik usaha kecil), B=business owner (pemilik bisnis) dan I= Investor (investor).

Menurut Robert Kiyosaki kita harus berjuang keras untuk masuk ke kuadran B atau I.

Seorang B atau pemiliki bisnis skala besar bisa meninggalkan usahanya selama setahun lebih namun perusahaan ini tidak bangkrut namun malah berkembang pesat.

Seorang yang bekerja untuk dirinya sendiri (kuadran S) adalah kuadran dengan tipe pekerjaan yang sangat keras. Banyak usaha kecil yang gagal dikarenakan masalah finansial ataupun fisik pemiliknya.

Bisnis jaringan adalah sebuah model bisnis yang bisa membawa Anda dari kuadran E atau S ke kuadran B atau I, mana yang ingin anda masuki.

3. Nilai Akses terhadap Bisnis Kuadran B.

Masuk ke dalam bisnis kuadran B bisa menjadi usaha dengan biaya yang sangat mahal. Pemasaran jaringan (network marketing) adalah sebuah bisnis yang menyediakan jalan kepada Anda untuk masuk ke kuadran B dengan harga yang sangat terjangkau dan usaha yang minimal.

4. Nilai atas Investasi dalam Inevestasi di mana Orang-Orang Berinvestasi

Orang kaya bisa berinvestasi dalam investasi-investasi yang tidak dilakukan oleh orang-orang awam pada umumnya.

Hal ini disebabkan oleh karena Komisi Sekuritas dan Saham Amerika yang juga dikenal dengan SEC mensyaratkan agar seseorang harus memiliki pendapatan tahunan minimal $200,000 per tahun atau $300,000 per tahun jika berpasangan untuk bisa dikelompokkan sebagai "investor terakreditasi".

Robert Kiyosaki menyarankan kita untuk melihat pemasaran jaringan karena nilai investasi yagn ia tawarkan. Mereka yang sukses di MLM bisa menginvestasikan apapun yang sama dengan yang diinvestasikan oleh orang-orang yang sangat kaya.

5. Nilai dari Menghidupkan Impian-Impian Anda
Salah satu nilai paing penting dari bisnis pemasaran jaringan adalah menghidupkan impian-impian anda itu ditekankan. Impian seringkali jauh lebih penting dari sekedar uang dan bahkan melebihi nilai-nilai materi lain. Impian-impian itu bisa termasuk di antaranya badan amal, mendanai sekolah-sekolah atau tempat-tempat ibadah dan lain sebagainya. Impian yang Besar.

6. Apa Nilai dari Jaringan?
Kekuatan dan nilai dari bisnis jaringan adalah bahwa bisnis jaringan tumbuh secara eksponensial, bukan aritmatika. Saya jelaskan secara singkat.

Robert Metcalf adalah salah satu orang yang dikaitkan dengan penemuan ethernet. Dia dikenal dengan Hukum Metcalf-nya.

Hukum Metcafh menyatakan: Nilai ekonomis dari sebuah jaringan = jumlah pengguna kuadrat.

Dengan kata lain, jika anda hanya satu dalam bisnis anda maka nilai ekonomis anda adalah 0 (nol). Ketika ada satu orang lagi dalam bisnis anda, maka nilai ekonomisnya menjadi 4. Ketika ada tiga maka nilai ekonomisnya menjadi 9.

Ini adalah pertumbuhan eksponensial, bukan aritmatik. Usaha anda kini memiliki "daya ungkit". Inilah nilai dari pemasaran jaringan.

7. Bagaimana Nilai-Nilai Anda Menentukan Realitas Anda
Saya rasa inilah nilai paling penting. Kenalilah nilai itu anda menentukan realitas anda. Jika anda tahu dan memahami konsep ini, anda bisa fokus pada perubahan nilai-nilai anda dan dapatkan hasil-hasil yang berbeda.

Robert Kiyosaki menjelaskannya seperti ini. JIka seseorang memberi nilai lebih pada 'keamanan kerja' maka mereka akan sangat mungkin dikelompokkan sebagai orang yang ada di kuadran 'E', yakni seorang karyawan. Jika nilai mereka adalah bersifat individu, melakukan segala sesuatunya sendiri, maka mereka menemukan diri mereka sebagai orang di kuadran 'E' atau bekerja keras sendiri.

Jika nilai inti anda adalah takut untuk mengambil resiko, maka anda akan berfokus pada 95 % orang yang gagal dalam bisnis kecil mereka selama lima tahun pertama. Akan tetapi, jika nilai inti anda adalah melihat lebih dari sekedar yang 95% itu dan berfokus pada 5 persen yang berhasil, maka hasilnya adalah sebuah realitas yang berbeda.

8. Nilai Kepemimpinan

Robert Kiyosaki sekali lagi mengutip bukunya ''rich dad' yang menyatakan: "Money always flows to the leader. If you want more money, simply become more of a leader." (uang selalu mengalir ke pemimpin. Jika anda ingin lebih banyak uang, cukuplah menjadi seorang pemimpin).
Salah satu nilai paling penting yang bisa anda dapatkan dari bisnis pemasaran jaringan adalah pelatihan kepemimpinan. Kepemimpinan itu penting untuk berhasil di kuadran 'B'.

Dengan mengedukasi diri anda sendiri adlaah salah satu hal paling penting yang bisa anda lakukan untuk sukses di bisnis jaringan.

Dan Anda akan mendapatkan semua bisnis pendidikan itu di sini bersama kami. Kami akan membantu mendidik Anda untuk menjadi pemimpin handal di mana uang akan otomatis mengalir ke pundi-pundi Anda.

No comments: