Friday, October 9, 2009

Apa Yang Harus Dilakukan Kalau Ada Gempa Waktu di Dalam Rumah

Bila kita dalam rumah ketika terjadi gempa
1) Lindungi tubuh kita.
Ketika terjadi goyangan gempa prioritaskan untuk melindungi tubuh kita dengan segera berlindung di bawah meja (tentu meja yang kuat) atau pindah ke ruangan yang terdapat sedikit lemari supaya tidak tertimpa lemari. BIla tidak ada meja, lindungi kepala dengan bantal, kasur, buku atau sejenisnya. Usahakan saling mengingatkan dengan orang yang seruangan untuk sama-sama mengamankan diri dari gempa. Bisa bahaya kalau terlalu tergesa-gesa keluar khususnya di daerah yang banyak gedung bertingkat karena bisa tertimpa genting atau pecahan kaca.


2) Persiapkan jalan untuk keluar
Bila goyangan gempanya besar, kusen pintu dan jendela bisa berubah sehingga tidak bisa dibuka yang mengakibatkan tidak bisa keluar. Setelah mengamankan tubuh kita, sambil melihat kondisi goyangan gempanya, bukakan pintu atau jendela guna persiapan untuk keluar.











3) Memadamkan api kompor
Bila goyangan gempanya kecil dan kita lagi menyalakan kompor segera matikan. Tapi ingat melindungi tubuh kita adalah prioritas. Bila goyangan gempanya keras, padamkan setelah goyangannya mengecil. Atau lepaskan keran regulator gas meskipun tidak menyalakan kompor. BIla perlu matikan seluruh listrik dari sumbernya.






4) Jangan lengah meskipun goyangan gempanya sudah reda

Pastikan kembali anggota keluarga kita dalam keadaan aman, karena setelah gempa biasanya terjadi gempa susulan. Jangan mendekati lemari, kulkas atau rak buku, karena mudah roboh. Cari informasi dari radio atau TV.

Bgaimana kalau kita lagi diluar ketika terjadi gempa? Tunggu tulisan bagian 2.
Disadur dari pamflet bhs Jepang.

No comments: