Saturday, January 24, 2009

Ekspor Berbasis Internet oleh Tonton Taufiq

Di kelas Einvest Institute kali ini mengangkat tema "Eksport Berbasis Internet" dengan pembicaranya seorang eksportir yang mendapat penghargaan dari Presiden SBY yaitu Bapak Tonton Taufiq dari Cirebon.

Bapak Tonton Taufiq ini sebagaimana tanah kelahirannya bertutur kata halus dan kental dengan logat sundanya. Gaya bicaranyapun tenang tidak meledak-ledak.

Bapak Tonton dengan berlatar belakang Arsitek Unpar tahun 1997, pertama kali mencoba berbisnis ekspor dengan internet semenjak tahun 1999. Waktu itu ketika beliau sedang melihat berita dari siaran asing yang menyatakan bahwa sekitar 85% order diperoleh dari Search Engine, yang waktu itu Yahoo sebagai situs search engine paling populer. Semenjak itu beliau berobsesi untuk mengekspor barang apa saja ke seluruh dunia.

Kemudian setelah mengikuti seminarnya Renald Kasali, yang di seminar tsb menekankan pentingnya segmentasi, baru beliau memfokuskan pada satu barang yaitu furniture berbahan rotan. Menurut beliau pula, kenapa memilih rotan karena waktu itu di Cirebon banyak pengrajin rotan yang kaya raya.

Meskipun diawali dengan modal nekad yaitu dengan menawarkan barang orang lain, beliau gigih mencari buyer dari luar negeri dengan menggunakan website, yang waktu pertama kalinya menggunakan website gratisan. Seiring dengan berjalannya waktu pada tahun 2004 beliau membangun pabrik sendiri di Cirebon.

Dalam seminar yang dibawakannya, selain memberi informasi dan tips-tips berbisnis ekspor beliau juga memberi beberapa kutipan dan cuplikan video menarik untuk memberi motivasi kepada para peserta.

Menurut beliau ada 3 hal yang penting untuk bisa sukses jualan di internet.
1. Produk, produk yang mudah didapatkan baik supplier-nya maupun bahan bakunya, sehingga kalau ada order bisa cepat direspon.
2. Website yang user friendly. Bukan hanya bagus penampilannya tapi harus diperhatikan pula kemudahan dalam menu dan navigasinya.
3. Traffic, yaitu kita harus me-maintain supaya website kita banyak pengunjungnya dan terindex oleh mesin pencari di urutan atas.
Saat ini kalau kita ketikan keyword "rattan" (bahasa Inggrisnya rotan) di google maka akan muncul PT. Rattanlad Furniture dengan urutan atas.

Kemudian beliau menjelaskan pengetahuan apa yang diperlukan untuk berbisnis ekspor ini.
1. Pemilihan produk. Pemilihan produk harus dipertimbangkan baik-baik
2. Penentuan harga jual, supaya harga bisa kompetitif
3. Proses bisnisnya itu sendiri
4. Macam-macam cara pembayaran
5. Dokumen ekspor
6. Promosi produk, bisa menggunakan secara offline maupun online.

Juga beliau memberi tips yaitu kita harus percaya kepada "uang". Artinya kita jangan ceroboh mengirim barang kepada buyer sedangkan pembayarannya belum beres meskipun dengan janji apapun.

Itu mungkin oleh-oleh dari seminar IE yang ke-8 ini, mudah-mudahan bermanfaat.

No comments: