Saturday, November 29, 2008

Einvest Institute: Bisnis Online

Di kelas Einvest institute ke-6 yang bertemakan bisnis online, kali ini pembicaranya adalah founder TDA Pak Badroni Yuzirman atau Pak Roni dan di sesi kedua diisi oleh Habibie Absyah bersama Agung Hari Prabowo.

Di sesi pertama,pak Roni memaparkan pengalamannya membuka bisnis onlinenya dari sebuah garasinya karena waktu itu 3 rukonya di Pasar Tanah Abang mengalami pailit akibat peristiwa kebakaran. Dengan mengusung Brand Manet Vision, ternyata dengan hanya 3 bulan bisa menyamai omset bisnis offlinenya selama setahun.

Bagi Pak Roni sendiri, karena basicnya sebagai pedagang, bukan internet marketer, internet marketing itu hanya sebagai tool saja untuk memperluas pemasaran, sehingga beliau tetap menjalankan bisnis offlinenya. Beliau mengistilahkan Multi Channel Marketing, yaitu menggunakan berbagai cara untuk memperluas jaringan pemasaran. Jadi menurut pengalaman beliau, bisnis onlinepun harus ditunjang oleh promosi offline.

Menurut Pak Roni, kita tidak boleh takut untuk meng-online-kan bisnis apapun asal ada pasar dan marginnya serta kalau bisa produknya mudah di-delivery. Sebagai contoh beliau membandingkan baju dan sepatu. Menurutnya baju lebih mudah karena bentuknya tipis sehigga biaya kirimnya lebih murah.

[ Foto bersama pak Roni]
Di sesi kedua diisi oleh internet marketer murni yaitu Habibie Afsyah bersama Agung Hari Prabowo. Beliau berdua contoh sukses berbisnis online Indonesia dalam usia muda. Habibie Afsyah dengan segala keterbatasan fisiknya yang lemah mampu menunjukkan kepada kita bahwa semua orang mampu meraup keuntungan yang "lumayan" dalam bisnis online ini asal kuat kemauan dan fokus.

Habibie lebih banyak bermain di affiliate Amazon. Tetapi akhir-akhir ini karena krisis ekonomi yang melanda Amerika, penghasilan dari affiliate Amazon menjadi kecil sehingga beliau mengalihkan pasarnya ke Indonesia dengan membuka beberapa penjualan online seperti HP produk China yang bisa baca Alquran.

Sedangkan Agung, teman dekatnya Habibie, beliau pernah mengalami kecelakaan sehigga tidak bisa kembali bekerja. Tapi dengan semangat pantang menyerah, beliau mulai bisnis online sejak Agustus 2007, dan sekarang penghasilannya bisa mencapai $3000 perbulan. Dalam menjalankan bisnis onlinenya, Agung lebih fokus di affiliate paydotcom.com.


Foto bersama Habibie.

No comments: