Saturday, December 20, 2008

Einvest Institute: Nusantara Goes Online

Di pertemuan EI ke 6 ini, membawakan seminar satu hari dengan judul Nusantara Goes Online. Kali ini pembicaranya adalah menghadirkan perwakilan UKM dari kota Depok dan pembicara kunci Bapak M. Abduh owner dari ANIN Rumah Batik.

Bapak Sutisna, perwakilan dari UKM kota Depok yang merupakan anggota EI juga, memaparkan visi dan misi asosiasi UKM Kota Depok dan memperkenalkan beberapa produk yang dihasilkan anggotanya. Asosiasi UKM kota Depok ini sudah punya Showroom di ITC Depok. Beliau mengajak peserta untuk mengembangkan UKM supaya bisa merebut kembali pasar yang sudah terlanjur jatuh dikuasai barang dari Cina. Beliau juga mengkritik sebutan UKM ini, karena ada kata "kecil", karena siapa sih yang mau kecil terus, begitu ujarnya. Beliau lebih sreg dipanggil "pengusaha" saja.

Sedangkan M. Abduh memaparkan pentingnya kedudukan pengusaha dalam masyarakat. Karena selain bisa mengurangi pengangguran, dengan adanya pengusaha bisa terbentuk multiplayer effect. Karena kalau sebuah perusahaan terbentuk, maka bisa mendatangkan usaha-usaha terkait. Mulai dari pedagang di sekitar pabrik, bisnis kos-kosan, bisnis warteg, cuci kiloan sampai dealer motor untuk karyawan.

Menurut beliau, dengan mengutip dari pernyataan Ir. Ciputra, negara kita akan makmur kalau jumlah pengusaha di Indonesia cukup 2% dari jumlah penduduk, atau sekitar 4,8 juta orang. Sedangkan jumlah pengusaha Indonesia sekarang hanya sebesar 0,18% atau sekitar 400 ribu orang.

Sebagai praktisi pengusaha toko online (RumahBatik.com), beliau juga memaparkan keunikan dari bisnis online ini. Beberapa alasan mengapa internet marketing ini penting, diantaranya adalah:
- Bisa menjadi alat ungkit bisniss (leverage)
- Bisa menghemat cost dan investasi
- Bisa mengatasi minimnya SDM dan pemasaran
- Bisa mengatasi keterbatasan akses dan lokasi usaha
- dll
Sedangkan keuntungan dari bisnis dengan menggunakan internet ini adalah:
- Perkembangannya yang cepat
- Network yang luas
- Bisa dilakukan di rumah
- Kemudahan berkomunikasi
- Bisa menggalang kerjasama dengan pebisnis yang sejenis
- Penghematan biaya dll

Sedangkan problem dari internet marketing ini diantaranya adalah bisa menyebabkan hubungan dengan pelanggan ada jarak, mudah ditiru, banyak follower, dan citra positif atau negatif bisa mudah menyebar.

Sebagai strategi umum untuk bisnis online beliau memberikan tips:
- Gunakan nama domain yang mudah diingat
- Bangun website dengan sederhana dan mudah dimengerti
- Bangun kepercayaan pelanggan
- Update isi website secara berkala
- Promosikan dengan gencar secara online maupun offline
- Cepat bereaksi terhadap permintaan pelanggan
- Lakukan trade dan link dengan situs lain
- Daftarkan website di search engine.

No comments: